Bagi Anda yang bekerja atau memiliki usaha di bidang percetakan pastinya sangat akrab dengan printer. Keberadaan perangkat elektronik ini sangatlah mudah untuk ditemui. Tidak hanya di kantor dan di sekolah saja. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali produk printer yang bisa dioperasikan untuk kebutuhan di rumah. Berbicara tentang fungsi, printer memang memiliki tugas utama yaitu untuk mencetak dokumen. Namun, seiring dengan waktu fungsi printer jadi semakin berkembang salah satunya printer ink . Semakin banyak pekerjaan bisa Anda selesaikan dengan memiliki printer. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan fungsi printer berikut ini.

  • Untuk Mencetak Dokumen

Seperti yang diulas singkat di atas, mencetak dokumen adalah fungsi utama dari printer. Dokumen ini dalam bentuk soft file yang kemudian ditampilkan pada komputer atau laptop yang terhubung dengan printer. Setelah Anda menekan tombol perintah “Print”, maka printer akan secara otomatis mencetak dokumen dengan jumlah yang sama seperti yang diminta. Bentuk dokumen yang umumnya melalui proses pencetakan adalah laporan kerja atau laporan akademik, buku, laporan keuangan, dan lain sebagainya.

  • Untuk Mencetak Foto

Fungsi lainnya dari printer adalah untuk mencetak foto. Ya, dengan semakin berkembangnya teknologi, kini Anda jadi mendapatkan lebih banyak kemudahan untuk mencetak foto tanpa harus ke studio foto. Dengan menggunakan printer yang mumpuni, Anda bisa mendapatkan hasil cetakan foto yang memuaskan di rumah saja. 

Tentunya, Anda juga harus memastikan bahwa kertas print yang dipakai adalah jenis kertas khusus foto. Selain menyediakan perangkat printer, Canon PIXMA juga hadir dengan berbagai pilihan kertas foto berkualitas. Anda bisa menggunakannya untuk memperoleh hasil cetakan foto terbaik.

  • Untuk Mencetak Spanduk dan Pamflet

Bagi Anda yang bekerja di bidang marketing atau pemasaran, pastinya membutuhkan perangkat printer untuk mencetak pamflet dan brosur untuk promosi. Saat ini, banyak sekali printer Canon PIXMA yang memungkinkan pencetakan file visual untuk keperluan pemasaran. Tak perlu menunggu waktu yang lama, brosur dan pamflet Anda bisa langsung dibagikan. Begitu pula, bagi Anda yang membutuhkan cetak brosur. Saat ini, ada banyak sekali jasa percetakan yang menawarkan layanan ini. Atau, Anda juga bisa mencetaknya sendiri di rumah dengan jenis kertas yang sesuai.

  • Untuk Memindai dan Copy Dokumen

Dengan printer yang tepat, Anda bisa melakukan scan dan copy dokumen dengan mudah. Dengan adanya fitur scan dan copy dokumen pada satu perangkat printer, Anda jadi tidak perlu membeli terlalu banyak alat yang pastinya memakan lebih banyak ruang. Hampir semua seri printer Canon terbaru sudah mengusung konsep multifungsi 3 in 1. Sehingga, Anda tidak hanya bisa mencetak dokumen saja. Tetapi, juga bisa digunakan untuk memindai dan fotokopi dokumen. Sangat praktis, bukan?

Demikianlah sejumlah fungsi printer yang wajib untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui masing-masing fungsi printer yang ada, Anda tentunya juga menjadi lebih teliti dalam memilih printer. Semoga informasi ini membantu Anda.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *