Informasi Lengkap Seputar Obat Fasidol Forte

Paracetamol merupakan salah satu pilihan obat yang efektif mengatasi demam sekaligus meredakan nyeri. Salah satu produk obat yang memiliki kandungan paracetamol adalah Fasidol Forte. Namun, sebelum mengonsumsi obat ini harus diketahui terlebih dahulu detail informasi serta cara penggunaan yang aman.

Informasi Obat

Penting untuk diketahui bahwa setiap produk obat memiliki indikasi dan cara konsumsi yang berbeda. Bahkan obat yang bisa didapat bebas tanpa resep dokter sekalipun harus dikonsumsi dengan hati-hati. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai detail informasi obat Fasidol Forte.

  • Indikasi

Produk obat yang satu ini dikonsumsi untuk membantu meredakan nyeri seperti nyeri kepala dan nyeri pada gigi. Selain itu, obat ini juga membantu menurunkan suhu tubuh saat terjadi demam. Obat ini dapat dikonsumsi saat demam yang terjadi belum lebih dari 3 hari dan masih menjadi indikasi penyakit ringan.

  • Komposisi dan Golongan

Obat ini mengandung paracetamol dengan kadar 650 mg. Tak perlu menggunakan obat resep, obat ini dapat diperoleh secara bebas. Tergolong sebagai obat bebas, Anda bisa membeli obat ini di apotek offline atau yang bisa diakses online. Namun, pastikan untuk mengonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan untuk menurunkan risiko efek samping yang berlebihan.

  • Aturan Minum

Fasidol Forte dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun, konsumsi obat ini memiliki dosis yang berbeda tergantung pada usia. Orang dewasa bisa mengonsumsi obat ini 1 hingga 2 tablet 3-4 kali sehari, dengan catatan maksimal dikonsumsi 8 tablet per hari. 

Sementara itu untuk anak-anak berusia 7-12 tahun bisa mengonsumsi obat ini sebanyak 0,5 -1 tablet 3 hingga 4 kali sehari. Bagi anak-anak usia ini, konsumsi obat maksimal 8 tablet setiap hari. Pastikan untuk tidak mengonsumsi obat melebihi aturan dosis yang sudah ditetapkan. Jika ada aturan sendiri dari dokter maka pastikan untuk mengikutinya.

  • Efek Samping

Setiap jenis obat pasti memiliki efek samping saat dikonsumsi. Obat paracetamol ini juga memiliki beberapa kondisi efek samping. Efek samping yang bisa muncul di antaranya adalah mual, nyeri lambung, ruam pada kulit, rasa lelah, kehilangan nafsu makan, dan lain sebagainya.

Setiap orang mungkin bisa menderita efek yang tidak sama. Jika efek samping yang muncul berlebihan dan berat maka segera konsultasikan ke dokter. Hentikan konsumsi obat untuk mengurangi efek samping yang berlebihan. Tanyakan kepada dokter produk obat apa yang dapat diminum sebagai pengganti namun tanpa efek samping berlebih pada tubuh Anda.

Itulah tadi informasi mengenai Fasidol Forte. Obat ini berbentuk tablet dan dijual 1 strip isi 10 tablet. Konsumsi produk ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pasien dengan kondisi penyakit ginjal serta riwayat alergi terhadap paracetamol. Jika Anda mengonsumsi obat lain, maka konsultasikan dulu pada dokter untuk mengetahui interaksi obat yang mungkin terjadi. 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.