Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan izin keramaian terkait bergulirnya pra kompetisi turnamen sepakbola kepada Kemenpora di Indonesia. Keputusan pemberian izin tersebut diputuskan setelah Jenderal Sigit bertemu kali kedua dengan Menpora Zainuddin Amali di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan pada hari ini, Kamis (18/2/2021). "Sore hari ini saya akan serahkan surat izin keramaian pra kompetisi," kata Jenderal Sigit dalam paparannya di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada hari ini, Kamis (18/2/2021).

Jenderal Sigit mengingatkan penyelenggara harus tetap dapat melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19. Hal ini merupakan syarat utama yang wajib dipenuhi oleh penyelenggara. "Nantinya kita akan melihat apakah penyelenggaraan tersebut bisa menerapkan sesuai dengan syarat Itu. Kalau syarat tersebut bisa dilaksanakan, kita akan memberikan evaluasi secara bertahap sehingga perjalanan dari penyelenggaraan kegiatan bisa semakin baik," kata Jenderal Sigit. Tak hanya itu, dia mengharapkan seluruh pihak termasuk pecinta sepakbola di Indonesia tetap memegang komitmen terkait protokol kesehatan. Meski digelar tanpa penonton, masyarakat dilarang untuk melaksanakan nonton bersama.

"Harapan dan komitmen bagaimana penyelenggaraan pra kompetisi ataupun kompetisinya tetap memegang teguh aturan dan menegakan protokol kesehatan dan betul betul bisa diterapkan," ungkap dia. "Oleh karena itu, kegiatan kegiatan seperti yang ada di luar negeri sementara pertandingan tanpa penonton menjadi salah satu yang akan kita coba. Tentunya dengan tahapan evaluasi," sambungnya. Lebih lanjut, ia mengingatkan jika pra kompetisi tidak berjalan dengan baik, maka nantinya Polri akan mengevaluasi perizinan keramaian terkait pra kompetisi sepakbola di Indonesia.

"Kalau itu tidak bisa berjalan dengan baik karena ini menyangkut masalah keselamatan rakyat dan keselamatan masyarakat tentunya kita akan melakukan evaluasi evaluasi. Jadi itu sebagai bentuk komitmen kita bersama," jelasnya. "Saya harapkan seluruh pecinta sepak bola di seluruh Indonesia untuk menjaga komitmen ini dan bagaimana masyarakat mendapatkan hiburan dan bagaimana kita bisa memilih calon pemain yang akan ditentukan bapak Menpora dan PSSI untuk persiapan di sea games dan piala dunia," tandasnya. Sementara itu, Menpora Zainuddin Amali menyatakan kegiatan pra kompetisi sepakbola direncanakan berlangsung pada 20 Maret 2021.

"Perencanaan yang disampaikan kepada kami pada saat rakor, dan disitu ada polri juga ikut. Sekitar tanggal 20 Maret. Nah jelasnya nanti tanya kepada PSSI dan LIB," jelas dia. Apabila pra kompetisi berjalan baik, kata Amali, pihaknya berencana menggelar kompetisi resmi usai lebaran hari raya Iedul Fitri. "Sementara kompetisinya nanti setelah idul fitri, jadi sekali lagi supaya tidak disalahpahami, pra musim ini sekaligus uji coba bisa tidak menerapkan Prokes dengan baik. Kalau ini lolos, ini lulus maka tentu jadi pertimbangan bagi pihak polri untuk kompetisi selanjutnya," tukas dia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.