Saat berkecimpung di dunia bisnis, tentu banyak ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat meningkatkan produktivitas pada bisnis yang dijalaninya. Karena memang modal adalah sebuah pondasi dalam sebuah bisnis, jika pondasi yang dipasang tidak kuat, maka bisnis tersebut tidak akan dapat menopang segala isinya dengan baik. Itulah mengapa memiliki dana yang cukup dalam sebuah bisnis adalah hal yang paling utama perlu dipersiapkan. 

Mengajukan pinjaman modal usaha adalah salah satu cara terbaik yang perlu dilakukan. Namun, sebelum mengajukan pinjaman pastikan dulu mulai dari bunga dan beberapa aspek lainnya yang dapat menghambat jalannya bisnismu di kemudian hari. Untuk mendapatkan pinjaman yang lebih baik, kamu dapat memanfaatkan crowdfunding.

Pengertian Crowdfunding

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya, dimana pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa orang. Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online menggunakan sebuah platform atau media sosial crowdfunding, sebagai alat menjangkaunya. Crowdfunding juga adalah salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM pemula.

Selengkapnya kita akan membahas seputar cara kerja dari sistem crowdfunding ini:

Cara Kerja dari Crowdfunding

Equity crowdfunding Indonesia memiliki sebuah pilar yaitu adanya website atau situs untuk di akses dan tentunya pemilik modal. Usaha atau bisnis yang dimiliki nantinya akan didaftarkan ke dalam sebuah website dan nantinya akan ditampilkan agar para pemberi dana dapat menanamkan dananya sekaligus membantu pengembangan usaha yang kamu miliki.

Agar terkumpul biasanya proses tersebut akan memakan waktu beberapa hari, apabila dana yang sudah ditargetkan terkumpul maka dana tersebut dapat dicairkan ke rekening pemilik usahanya. Namun untuk lebih mengoptimalkannya kamu dapat melakukan 3 hal di bawah ini:

Membuat Proposal Usaha Agar Lebih Menarik

Agar orang tertarik menanamkan dananya kepada proposal yang kamu ajukan, maka kamu dapat menyiapkan proposal usaha yang menarik,interaktif dan lebih informatif dalam pengajuannya. Hal ini agar informasi yang diberikan dapat diterima dengan baik untuk mereka yang ingin menanamkan dananya pada usaha atau bisnis milikmu. 

Informasi yang diberikan juga harus lengkap seperti jenis usaha, proses manajemennya, proses pemasarannya hingga tujuan utama dari bisnis yang dijalani. Untuk menyajikannya dapat melalui teks, tulisan, gambar maupun video. 

Mendaftarkan ke Platform Crowdfunding

Apabila proposal yang dibuat sudah baik dan cukup, maka kamu dapat mencari platform crowdfunding yang terpercaya dan memiliki regulasi yang resmi agar segala proses transaksi yang dilakukan lebih aman. 

 

Memantau Perkembangan dari Proposal yang Diajukan

Setelah memilih platform crowdfunding, unggah proposal usaha yang sudah dibuat dan setelah mengunggahnya jangan lupa untuk terus memantau perkembangan dari proses funding tersebut. Apabila ada pertanyaan yang diajukan pemilik modal terkait usaha maupun bisnismu, kamu dapat memberikan jawaban yang singkat padat dan jelas. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Amartha!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Amartha adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.